Visi dan Misi

Visi

"Unggul dalam Mutu, Bertaqwa, dan Berbudaya"

Indikator visi sebagai berikut.

  1. Unggul dalam perolehan Nilai Ujian Nasional/ Ujian Sekolah
  2. Unggul dalam perolehan Nilai Akhir Semester
  3. Unggul dalam persaingan masuk Perguruan Tinggi Negeri/ Perguruan Tinggi Swasta Favorit dan mampu bersaing dilingkungannya
  4. Unggul dalam lomba akademis dan lomba non akademis
  5. Unggul dalam penguasaan IPTEK
  6. Unggul dalam pengamalan ajaran agama
  7. Unggul dalam disiplin
  8. Unggul dalam etika pergaulan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dilingkungan masyarakat

Misi

untuk mewujudkan visi, sekolah memiliki misi-misi sebagai berikut.

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimibingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal.
  2. Menumbuhkan semangat keunggulan dan persaingan yang sehat dalam memperoleh prestasi terbaik kepada seluruh warga sekolah.
  3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
  4. Menumbuhkan kondisi sekolah yang kondusif dan dinamis dalam mekanisme kerja untuk meningkatkan kinerja.
  5. Menumbuhkan kualitas dalam beribadah sesuai agama masing-masing, memiliki toleransi yang tinggi sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
  6. Menumbuhkembangkan amalan agama sehingga menjadi landasan moral dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Menumbuhkan budi pekerti, tata krama dalam pergaulan sehingga menjadi pribadi yang santun dan berdisiplin.
  8. Menciptakan hubungan tata kerja yang harmonis profesional yang dilandasi semangat persaudaraan.
  9. Menumbuhkan kembangkan penguasaan teknologi dan informasi komputer dan IPTEK untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Tujuan

SMA Negeri 3 sebagai sebuah institusi pendidikan mempunyai tujuan untuk mengembangkan potensi akademik sesuai dengan bakat dan minat peserta didik, serta untuk menumbuhkembangkan semangat menggali potensi diri sehingga tercipta manusia yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
  2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
  3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. kelompok mata pelajaran estetika
  5. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada di bawah ini.

No Kelompok Mapel Cakupan
1 Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Hal ini sesuai dengan misi sekolah No. 5, 6, 7.

2 Kewarganegaraan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. Hal ini sesuai dengan misi sekolah No. 5, 6, 7, 8.

3 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMK/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja. Hal ini sesuai dengan misi sekolah No. 1, 2, 3, dan 8.

4 Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. Hal ini sesuai dengan misi sekolah No. 7 dan 8.

5 Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah. Hal ini sesuai dengan misi sekolah No. 2, 3, dan 4.

Login Member


Facebook


 

Traffic Pengunjung